IPO PT SORAYA BERJAYA INDONESIA TBK

PT Soraya Berjaya Indonesia Tbk ( “SPRE”) adalah perusahaan produsen perlengkapan kamar tidur terbesar di Kota Padang yang dirintis pada tahun 2001. PT Soraya Berjaya Indonesia Tbk telah tumbuh menjadi salah satu perusahaan terdepan dalam industri perlengkapan kamar tidur di Sumatera. Perseroan menawarkan beragam produk unggulan seperti sprei, bed cover, bantal, guling, dan aksesoris rumah tangga dengan merek Soraya Bedsheet, Perseroan berkomitmen untuk terus berinovasi guna menjaga & meningkatkan kualitas produknya secara berkelanjutan.

Seiring terus berkembangnya bisnis Perseroan, dan masih tingginya potensi pasar di wilayah Sumatera, pada tahun 2015 Perseroan resmi menjadi badan hukum berbentuk Perseroan Terbatas dengan nama PT Soraya Berjaya Indonesia, dengan bisnis utama sebagai produsen perlengkapan kamar tidur yang memiliki pusat produksi di kota Padang. Perseroan sudah berdiri selama 24 tahun, saat ini memiliki 2 (dua) pabrik dan 6 gerai, yang berlokasi di Padang dan Pekanbaru, dan didukung oleh 93 karyawan, 140 penjahit, lebih dari 600 agen penjual, dengan omset sebesar Rp49 miliar di tahun 2023.

Pada IPO ini, SPRE menawarkan sebanyak sebanyak-banyaknya 240.000.000 (dua ratus empat puluh juta) saham baru dengan nilai nominal Rp25,- per saham. Kisaran harga penawaran sebesar Rp120,- hingga Rp130,- per saham, dengan total nilai Penawaran Umum mencapai sebanyak- banyaknya Rp31.200.000.000,- ( tiga puluh satu miliar dua ratus juta Rupiah).

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil IPO ini, seluruhnya akan digunakan untuk mendukung pertumbuhan dan ekspansi SPRE dengan rincian sebagai berikut:

  1. Sekitar 83,33% (delapan puluh tiga koma tiga tiga persen) akan digunakan untuk membeli persediaan kebutuhan bahan baku produksi, seperti Kain Katun CVC, Dakron (Bed Cover), Dakron (Badan Bantal), Busa, dan Retsleting.
  2. Sekitar 16,67% (enam belas koma enam tujuh persen) akan digunakan untuk pembelian mesin baru dan kendaraan operasional, yang terdiri dari:
    1. Sekitar 71,00% (tujuh puluh satu koma nol persen) akan digunakan untuk pembelian mesin untuk menunjang kegiatan produksi, seperti Mesin Jahit Pleating, Mesin Bed Cover, Mesin Jahit, Mesin Carding Bantal, Mesin Blower Bantal, Mesin Press Bantal, Mesin Obras, Mesin Zigzag hingga Mesin Sirsak.
    2. Sekitar 29,00% (dua puluh sembilan koma nol persen) akan digunakan untuk pembelian Kendaraan Operasional berupa 2 unit Truk dan 1 unit Mobil Operasional. Dengan penawaran saham ini, PT Soraya Berjaya Indonesia Tbk berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas produksi dan memperluas jangkauan pasar, sehingga dapat memenuhi kebutuhan perlengkapan kamar tidur berkualitas tinggi bagi masyarakat di wilayah Sumatera, hingga seluruh Indonesia, yang pada akhirnya diharapkan dapat memberikan nilai tambah bagi seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) Perseroan.

INDIKASI JADWAL PENAWARAN

Masa Penawaran Awal 10 – 12 Juni 2024
Tanggal Efektif 25 Juni 2024
Masa Penawaran Umum 27 Juni – 1 Juli 2024
Tanggal Penjatahan 1 Juli 2024
Tanggal Distribusi Saham Secara Elektonik 2 Juli 2024
Tanggal Pencatatan pada Bursa Efek Indonesia 3 Juli 2024

TUTORIAL E-IPO